Minggu, 21 Juni 2015

Perawatan Ibu Pasca Melahirkan Caesar

Cara Mudah dan Aman Memelihara Bekas Operasi Caesar


Perawatan ibu pasca melahirkan caesar, Sekarang ini tak sedikit sekali wanita yang lebih memilih untuk melakukan persalinan dengan cara operasi caesar apabila dibandingkan dengan melakukan persalinan dengan cara normal, tetapi yang butuh kamu ketahui tersedia bahaya besar yang bisa mengancam kamu apabila kamu tak mengenal tutorial yang baik dan benar untuk memelihara luka bekas proses operasi caesar. Meskipun melakukan persalinan dengan tutorial operasi caesar ini lebih cepat tetapi tak dengan rasa sakit yang dirasakan ketika melahirkan dengan cara normal. Proses penyembuhan pasca melakukan operasi caesar ini sangat lama dibandingkan persalinan normal. Waktu normal untuk menyembuhkan luka bekas operasi caesar ini tak lebih lebih 3 minggu hingga 4 minggu, tetapi faktor ini tetap bisa saja lebih. Yang butuh kamu pikirkan ialah bagaimana tutorial yang baik dan juga benar ketika memelihara luka bekas operasi ini, sebab apabila tak faktor ini bisa mengakibatkan infeksi yang bisa memperpanjang masa penyembuhan.
Beberapa trik dan tutorial untuk memelihara luka bekas operasi yang bisa kamu perbuat di rumah sebagai berikut :
1.    Jagalah kebersihan pada luka bekas operasi. Luka bekas operasi caesar ini pada dasarnya tak tidak sama dengan luka bekas operasi yang lainnya. Yang terpenting pada proses penyembukan luka bekas operasi yang cepat ialah tetap menjaga luka tersebut dari bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. Menjaga kebersihan pada luka bekas operasi ini adalah tutorial yang sangat penting. Semacam ketika berakhir mandi kamu bisa membersihkan luka bekas operasi tersebut memakai cairan antiseptik dan antibiotic yang sudah dianjurkan oleh dokter. Ketika kamu membersihkan luka bekas operasi tersebut, sebaiknya kamu memakai cotton bud alias kapas. Sebelumnya pastikan juga kedua tangan kamu tetap bersih. Sebaiknya tak membungkus luka bekas operasi dengan terlalu ketat, sebab faktor ini bisa menyebabkan iritasi.
2.    Gunakan pakaian yang longgar dan juga nyaman. Semacam yang sudah dikatakan sebelumnya, kamu diharuskan memakai perban yang tak terlalu ketat agar luka bekas operasi tersebut tak terkena iritasi. Faktor ini juga sangat berlaku ketika kamu memilih pakaian. Apabila kamu sudah terbiasa memakai pakaian yang ketat, sebaiknya kamu menggantinya dengan pakaian yang sedikit longgar untuk berbagai waktu. Tipe pakaian yang sedikit longgar yang harus kamu gunakan diantaranya ialah pakaian dalam, kaos, piyama, celana ataupun rok. Baby doll dan juga daster adalah pakaian yang lumayan longgar yang paling di sarankan.
3.    Perbuat kegiatan olah raga yang ringan. Olah raga yang ringan semacam halnya jalan santai bisa menolong dalam proses penyembuhan. Olah raga yang ringan juga bisa mencegah konstipasi dan penggumpalan darah. Tidak hanya dari itu, faktor ini juga bisa membikin sirkulasi darah pada tubuh meningkat. Olah raga juga bisa membikin sistem imun menjadi meningkat dan menolong untuk mencegah terjadinya pneumonia alias terjadinya gangguan pada kesehatan umun yang di akibatkan operasi caesar. Biasakan untuk berlangsung santai mengelilingi kompleks pada pagi hari selagi tak lebih lebih 15 menit.
4.    Perawatan selalu dari dalam memakai makanan. Tidak hanya melakukan perawatan luka dari luar sebaiknya kamu juga memperhatikan perawatan luka bekas operasi langsung dari dalam sengan mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung tak sedikit gizi dan nutrisi yang seimbang. Konsumsilah makanan dengan kandungan vitamin A, vitamin C dan gandum utuh yang ada pada sereal maupun roti gandum bagi sarapan pagi. Untuk menu makan siang kamu bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung tak sedikit protein dan beta karoten. Tidak hanya itu makanan harus untuk dikonsumsi oleh wanita yang menjalani penyembuhan ialah protein, mineral, zinc, dan juga vitamin.

Tingkat kelahiran C-section di Singapura merupakan salah satu yang paling atas di dunia pada 30 persen. Apabila Kamu baru saja mengalami operasi caesar, di sini merupakan bagaimana Kamu wajib peduli untuk luka Anda.

1) Kamu bisa memegang kantong es untuk insisi Kamu selagi hari pertama untuk mengurangi bengkak.

2) Tinggal di tempat tidur selagi 12 hingga 18 jam sebelum mencoba untuk duduk alias berdiri.

3) Jaga luka Kamu kering selagi kemarin hari pertama, tapi Kamu bisa mandi.

4) Seusai Kamu salep lukanya dihapus (sekitar satu minggu kemudian), Kamu bisa memakai  pengikat perut menolong mendukung otot-otot dinding perut ketika berjalan. Ini bakal menolong mengurangi rasa sakit.

5) Jangan gunakan krim alias salep apapun untuk insisi hingga dokter bilang itu sepenuhnya sembuh, biasanya kurang lebih enam minggu seusai operasi.

6) Di Singapura banyak rumah sakit memakai jahitan larut, namun pada waktu Kamu mungkin diminta untuk kembali seusai seminggu untuk menghilangkan yang tak larut.

7) Menyusui bisa dimulai kapan saja seusai melahirkan.

Hal untuk Hindari

1) Jangan berkendara dalam dua minggu pertama.

2) Tak membawa benda berat.

3) jangan renang . Pelan-pelan bila berlangsung di tangga.

4) Jangan berhubungan seks alias mengenakan tampon,  hingga Kamu berjumpa dokter untuk pemeriksaan pertama.

Operasi caesar saat ini terkenal dipilih oleh sebagian bunda hamil untuk melahirkan. Prosesnya yang cepat serta tak memunculkan rasa sakit saat persalinan membikin mereka memilih tutorial ini ketimbang melahirkan dengan cara normal.

Sebagian bunda hamil yang memilih untuk menjalani operasi caesar padahal mempunyai alternatif untuk melahirkan dengan cara normal. Sebetulnya kapan waktu yang cocok untuk melahirkan dengan cara caesar?

operasi caesar tak semacam yang kamu bayangkan - alodokter

Melahirkan melewati operasi caesar berarti mengeluarkan bayi melewati sayatan dari perut sang ibu, bukan dari vagina. Sebelum pembedahan, dokter bakal melakukan anestesi (pembiusan) epidural maka membikin daerah perut menjadi mati rasa serta kebal saat melakukan proses penyayatan dari perut tahap bawah. Jadi, wanita tersebut bakal sadar selagi operasi tapi bakal mati rasa mulai dari panggul ke bawah.

Dengan tirai pembatas, Kamu tak bisa menonton dokter ketika menyayat perut Anda. Dokter mungkin bakal memberikan obat penenang untuk menolong Kamu lebih rileks. Tak hingga hitungan jam, Kamu bakal mendengar suara tangisan bayi yang keluar dari rahim Anda. Begitulah kiranya proses melahirkan melewati operasi caesar.

Kapan Operasi Caesar Sebetulnya Diperlukan?

Sejumlah bunda hamil memilih jalan caesar sebab takut merasakan sakit ketika melahirkan dengan cara normal, ingin melahirkan sang bayi pada tanggal-tanggal tertentu (contoh: 11/12/13 alias 10/10/10), alias tak ingin menantikan lama semacam menantikan proses pembukaan alias dilatasi yang bisa memakan waktu.


Operasi caesar tergolong operasi besar serta tiap operasi besar tentu mempunyai risiko. Betapa baiknya untuk setidaknya mencoba melahirkan dengan cara normal apabila tak ada argumen medis tertentu untuk menjalani operasi caesar. Bukan hanya lebih aman, melahirkan dengan cara normal juga berdampak lebih baik pada kesuburan wanita di masa yang bakal datang. Namun, tersedia berbagai kondisi yang mengharuskan anak untuk dilahirkan melewati operasi caesar.

Tempuhlah jalur caesar apabila kondisi Kamu alias bayi tak memungkinkan dari sisi medis seperti:

Ukuran bayi terlalu besar, sementara panggul sang bunda kecil.
Bayi menderita kelainan umpama spina bifida.
Posisi kepala janin tak berada di bawah alias sungsang.
Sang bunda mempunyai penyakit jantung alias kondisi medis lain yang berisiko memburuk dampak tekanan saat melahirkan.
Penurunan suplai darah ke plasenta sebelum kelahiran. Faktor ini bisa menyebabkan bayi lahir dengan tubuh kecil.
Plasenta menghalangi leher rahim.
Luka terbuka yang dikarenakan infeksi herpes genital yang aktif.
Sang bunda terinfeksi virus HIV.
Terdapat lebih dari satu janin serta kondisi kehamilan yang kompleks umpama posisi janin yang tak lebih ideal alias kembar siam.
Risiko Operasi Caesar
Sejauh ini operasi caesar dianggap relatif aman. Tetapi sama semacam operasi besar lainnya, operasi caesar berisiko serta berpotensi menyebabkan komplikasi, baik pada bunda mau pun bayinya. Berikut adalah risiko menjalani operasi caesar:

Rasa sakit seusai operasi. Ini adalah faktor negatif mutlak sebab rasa sakit bisa berjalan setidaknya untuk berbagai minggu seusai operasi.
Infeksi, khususnya infeksi pada luka bekas operasi, infeksi saluran kemih serta infeksi pada dinding rahim.
Pembekuan darah di kaki alias paru-paru.
Kehilangan tak sedikit darah.
Efek seusai anestetis yaitu mual, muntah, serta sakit kepala.
Terbentuknya jaringan ikat alias adhesi.
Timbulnya luka bekas sayatan. Faktor ini tak bisa Kamu hindari usai menjalani operasi. Sayatan bakal memunculkan luka pada perut yang panjangnya kurang lebih 10-15 cm. Biasanya seusai berbagai tahun, luka tersebut bakal tersamarkan. Luka bekas operasi caesar bisa terkesan apabila diperhatikan dengan saksama, tapi pada umumnya hampir menyerupai warna kulit di sekitarnya.
Cidera pada saraf alias organ lain. Faktor ini bisa terjadi selagi operasi.
Kematian. Tetapi faktor ini sangat jarang terjadi. Persentasenya hanya kurang lebih 2 dari 100.000 bunda yang meninggal dampak operasi caesar.
Risiko jangka panjangnya adalah leher rahim terkendala dengan tumbuhnya plasenta di dalam rahim biasa disebut plasenta previa. Tidak hanya itu bisa juga mengalami plasenta akreta, plasenta increta, serta plasenta percreta. Ketiganya bisa menyebabkan pendarahan canggih seusai melahirkan.
Bekas jahitan bedah saat kehamilan berikutnya.
Tidak hanya sang ibu, bayi pun kemungkinan bakal mengalami berbagai kondisi semacam cidera saat persalinan serta gangguan pernapasan apabila bayi dilahirkan sebelum usianya mencapai 39 minggu.

Namun, apabila tak ada komplikasi, biasanya seorang bunda bakal menjalani perawatan selagi tiga hari di rumah sakit. Sementara masa perbaikan total biasanya memakan waktu empat hingga enam minggu.

Tips Seusai Menjalani Operasi Caesar
Pepatah ‘bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian’ cocok ditujukan oleh bunda hamil yang memilih melahirkan dengan jalur normal. Seorang wanita yang melahirkan dengan cara normal bakal merasakan sakit pada saat proses persalinan saja. Tetapi seusai berbagai jam dari proses persalinan, dirinya telah sanggup berinteraksi dengan keluarga serta telah bisa kembali melakukan rutinitas dalam waktu berbagai hari.

Namun, faktor itu tak bisa dirasakan oleh mereka yang memilih operasi caesar. Saat persalinan mereka tak bakal merasakan sakit. Tapi rasa sakit itu bakal dirasakan setelahnya. Mereka juga tak bisa beraktivitas semacam biasa selagi masa perbaikan kurang lebih empat hingga enam minggu.

Berikut ini adalah hal-hal penting yang wajib Kamu ketahui usai menjalani operasi caesar.

Hindari aktivitas berat semacam naik sepeda, lari, angkat beban, aerobik, sit-up serta olahraga lainnya selagi enam minggu hingga memperoleh persetujuan dari dokter.
Usai operasi caesar, Kamu bakal merasakan sakit ketika berjalan. Walau begitu, usahakan untuk berjalan sedikit demi sedikit. Dengan berjalan, Kamu bisa melancarkan ajaran darah serta menolong mencegah sembelit serta pembekuan darah.
Tidur yang cukup. Ketika tubuh telah merasa lelah, beristirahatlah.
Jangan membawa barang-barang yang lebih berat dari bayi Kamu hingga dokter mengizinkannya.
Anda bakal mengalami pendarahan pada vagina. Sediakan pembalut.
Tanyakan terhadap dokter, kapan Kamu bisa mulai menyetir mobil serta berhubungan seks.
Setelah operasi, buang air besar menjadi tak teratur. Hindari mengejan ketika sembelit.
Ketika batuk alias mengambil napas dalam-dalam, taruh bantal pada luka sayatan di perut Anda. Faktor itu bisa mengurangi rasa nyeri pada sayatan.
Luka sayatan pada perut juga wajib Kamu perhatikan. Bersihkan luka tiap hari dengan air hangat serta sabun, tetapi hindari produk pembersih, semacam hidrogen peroksida sebab bisa memperlambat penyembuhan luka. Setelahnya keringkan dengan handuk bersih. Balut luka dengan kain kasa apabila luka basah alias bergesekan dengan pakaian. Ganti kain kasa tiap hari. Usahakan daerah kurang lebih luka rutin dalam kondisi kering.
Rasa takut tentu dirasakan para bunda yang bakal melahirkan serta semua dikembalikan lagi  terhadap masing-masing individu. Mereka berhak memilih metode persalinan apa pun yang membuatnya nyaman. acemaxsku

Kenikmatan seorang wanita yang tak bisa dirasakan pria adalah saat dirinya diberi peluang mengandung janin serta melahirkannya. Perjuangan melawan sakit baik saat melahirkan dengan cara normal alias seusai operasi caesar, seakan terbayarkan dengan hadirnya sang buah hati tercinta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar