Senin, 22 Juni 2015

Bahaya Merokok Untuk Kesehatan

Bahaya merokok untuk kesehatan, Mungkin semua orang sudah tahu apa bahayanya roko untuk kesehatan, tapi banyak orang yang tidak bisa meninggalkan kebiasaan buruk ini, karena sudah menyandu. Mungkin jika anda mengetahui lebih detail bahaya dari rokok  bisa menghentikan kebiasaan buruk ini, berikut kami rangkum bahaya rokok untuk kesehatan.

Bahaya Merokok Yang Harus Di Ketahui


Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Tahukah Kamu bahwa risiko perokok pasif 3 kali lebih tinggi dari perokok aktif. Serta perokok wanita berisiko 25 persen lebih tinggi dari  perokok pria.

Rokok serta Kematian

Rokok adalah salah satu penyebab kematian mutlak di dunia serta adalah satu-satunya produk legal yang membunuh semacam hingga setengah penggunannya. Survey Ikatan Pakar Kesehatan Masyarakat Indonesia tahun 2007 menyatakan setiap jam kurang lebih 46 orang meninggal dunia sebab penyakit yang berhubungan dengan merokok di Indonesia.

Kebiasaan merokok sedikitnya menyebabkan 30 tipe penyakit pada manusia.  Penyakit yang muncul bakal tergantung dari kadar zat berbahaya yang terkandung, kurun waktu kebiasaan merokok, serta tutorial menghisap rokok. Terus muda seseorang mulai merokok, makin besar risiko orang tersebut mendapat penyakit  saat tua.

Mengapa Rokok Berbahaya?

Dalam satu batang rokok mengandung kurang lebih 7.000 zat kimia, 200 tipe diantaranya bersifat karsinogenik, yaitu zat yang merusak gen dalam tubuh jadi memicu terjadinya kanker, semacam kanker paru, emfisema, serta bronkitis kronik. Alias juga kanker lain, semacam kanker nasofarings, mulut, esofagus, pankreas, ginjal, kandung kemih, serta rahim. Aterosklerosis alias pangerasan pembuluh darah bisa menyebabkan penyakit jantung, hipertensi, risiko stroke, menopause dini, osteoporosis, kemandulan, serta impotensi.

Racun rokok paling besar dihasilkan oleh asap yang mengepul dari ujung rokok yang sedang tidak dihisap. Sebab asap yang dihasilkan berasal dari pembakaran tembakau yang tidak sempurna.  Asap rokok mengandung sejumlah zat yang berbahaya semacam benzen, nikotin, nitrosamin, senyawa amin, aromatik, naftalen, ammonia, oksidan sianida, karbon monoksida benzapirin, serta lain-lain. Partikel ini bakal mengendap di saluran napas serta sangat berbahaya bagi tubuh. Endapan asap rokok juga mudah melekat di benda- benda di ruangan serta bisa bersi kukuh hingga lebih dari 3 tahun, dengan masih berbahaya.

Bahaya Perokok Pasif

Perokok pasif lebih berbahaya dibandingkan perokok aktif. Bahkan bahaya perokok pasif tiga kali lipat dari bahaya perokok aktif. Dokter Budhi Antariksa, Spesialis Paru dari Rumah Sakit Royal Taruma mengatakan, sebanyak 25 persen zat berbahaya yang terkandung dalam rokok masuk ke tubuh perokok, sedangkan 75 persennya beredar di udara leluasa yang berisiko masuk ke tubuh orang di sekitarnya.

Konsentrasi zat berbahaya di dalam tubuh perokok pasif lebih besar sebab racun yang terhisap melewati asap rokok perokok aktif tidak terfilter. Sedangkan racun rokok dalam tubuh perokok aktif terfilter melewati ujung rokok yang dihisap. Tetapi konsentrasi racun perokok aktif bisa meningkat apabila perokok aktif kembali menghirup asap rokok yang ia hembuskan. “Namun sebab perokok aktif sekaligus menjadi perokok pasif jadi dengan sendirinya risiko perokok aktif jauh lebih besar daripada perokok pasif,”  ucap dr.Budhi Antariksa.

Selain itu, beberapa hasil penelitian juga menyimpulkan  perokok wanita berisiko 25 persen lebih tinggi daripada perokok pria. Perokok wanita mempunyai risiko ganda kepada penyakit jantung serta kanker paru-paru bila dibandingkan dengan perokok pria. Penyebabnya sebab wanita mempunyai berat badan serta saluran darah yang lebih kecil dari pria.

Bahaya merokok pada wanita antara lain: Merusak kulit, mengganggu sistem reproduksi, menganggu siklus menstruasi tergolong timbulnya rasa nyeri, menurunkan kesuburan, menambah risiko terkena kanker payudara, rahim, serta kanker paru-paru, menganggu  pertumbuhan janin dalam rahim, menganggu kelancaran ASI, keguguran, hingga kematian janin.

Pasti Kamu telah tak asing lagi dengan peringatan “dilarang merokok”. Dua kata itu bisa dengan mudahnya dijumpai di mana saja. Sepertinya tak mengherankan apabila mengingat dampak-dampak negatif yang ditimbulkan dampak merokok pada tubuh Anda.

Salah satu konsekuensi mutlak yang bisa Kamu bisakan dari rokok adalah menderita penyakit jantung. Diperkirakan, sebanyak 20% kematian dampak penyakit jantung terkait langsung dengan kebiasaan merokok. Kenapa rokok begitu berbahaya? Apa saja efek negatif lainnya dari rokok?

segudang bahaya merokok kepada tubuh - alodokter

Lihat saja kandungan yang tersedia pada sebatang rokok. Lebih dari 4000 bahan kimia tersedia di dalamnya. Ratusan di antaranya zat beracun serta kurang lebih 70 bahan di dalamnya bersifat kanker. Bahan-bahan berbahaya pada sebatang rokok, antara lain:

Karbon monoksida. Zat yang kerap ditemukan pada asap knalpot mobil ini bisa mengikat diri pada hemoglobin dalam darah dengan cara permanen maka menghalang penyediaan oksigen ke tubuh. Faktor tersebut membikin Kamu cepat lelah.
Tar. Ketika merokok, kandungan tar di dalam rokok bakal ikut terisap. Zat ini bakal mengendap di paru-paru Kamu serta berdampak negatif pada kinerja rambut kecil yang melapisi paru-paru. Padahal rambut tersebut bertugas untuk membersihkan kuman serta faktor lainnya keluar dari paru-paru Anda.
Gas oksidan. Gas ini bisa bereaksi dengan oksigen. Keberadaannya pada tubuh lebih menambah risiko stroke serta serangan jantung dampak penggumpalan darah.
Benzene. Zat yang ditambahkan ke dalam bahan bakar minyak ini bisa merusak sel pada tingkat genetik. Zat ini juga dikaitkan dengan beberapa tipe kanker semacam kanker ginjal serta leukimia.
Selain bahan-bahan di atas, tetap tak sedikit kandungan beracun pada sebatang rokok semacam arsenic (digunakan dalam pestisida), toluene (ditemukan pada pengencer cat), formaldehyde (digunakan untuk mengabadikan mayat), hydrogen cyanide (digunakan untuk membikin senjata kimia), serta cadmium (digunakan untuk membikin baterai).

Ketika Kamu merokok, Kamu bakal lebih mungkin terkena serangan jantung. Perokok berisiko dua sampai empat kali lebih tinggi menderita penyakit jantung. Risiko lebih tinggi lagi apabila Kamu perokok wanita yang sedang mengonsumsi pil KB.

Saat merokok, Kamu bakal turut memasukkan zat-zat berbahaya yang bisa berdampak kurang baik tubuh, terutama jantung. Contohnya zat nikotin. Ketika nikotin masuk ke tubuh, zat itu bisa mengurangi kadar oksigen yang bakal masuk ke darah. Zat yang bersifat candu ini juga bisa mempercepat detak jantung, menaikkan tekanan darah, merusak pembuluh darah dalam jantung, serta mempercepat pembekuan darah yang bisa memicu serangan jantung. Begitu juga dengan akibat-akibat kurang baik kepada organ tubuh yang lainnya.

Otak
Merokok bisa menambah risiko terkena stroke sebesar 50 persen. Faktor tersebut bisa menyebabkan kerusakan otak serta kematian. Merokok juga bisa menambah risiko mengalami aneurisma otak. Aneurisma otak adalah pembengkakan pembuluh darah yang terjadi dampak melemahnya dinding pembuluh darah. Sewaktu-waktu bisa pecah serta mengakibatkan pendarahan di otak.

Mulut serta Tenggorokan
Bau mulut serta gigi bernoda adalah efek yang bakal muncul dampak merokok. Penyakit gusi serta kerusakan indera perasa pun bisa timbul. Persoalan serius yang bakal sampaip pada mulut serta tenggorokan adalah meningkatnya risiko kanker pada lidah, tenggorokan, bibir, serta pita suara.

Paru-paru
Salah satu efek paling berbahaya dampak merokok adalah kanker paru-paru. Bahan-bahan kimia pada rokok berpotensi merusak sel-sel pada paru-paru yang bisa membentuk sel kanker. Penyakit serius lainnya yang bisa Kamu alamiah adalah bronkitis, pneumonia, serta emfisema.

Lambung
Merokok bisa melemahkan otot yang mengontrol tahap bawah kerongkongan Anda. Faktor tersebut memungkinkan asam dari lambung bergerak ke arah yang salah, yaitu ke kerongkongan. Kondisi tersebut dinamakan penyakit asam lambung. Beberapa risiko penyakit yang bakal dihadapi oleh seorang perokok adalah ulkus alias tukak serta kanker lambung.

Tulang
Racun pada rokok bisa merusak tulang dengan tutorial menghentikan kerja sel-sel konstruksi. Oleh sebab itu, perokok lebih berisiko mengalami tulang rapuh alias osteoporosis. Racun rokok juga bisa mengganggu keseimbangan hormon-hormon yang bertugas menjaga tulang tetap kuat, semacam hormon estrogen.

Kulit
Perokok bakal terkesan lebih tua ketimbang yang bukan perokok sebab kurangnya asupan oksigen ke kulit. Penuaan dini bakal dirasakan, semacam kemunculan kerutan di kurang lebih mata serta mulut. Racun rokok juga bisa menyebabkan selulit pada kulit.

Organ Reproduksi
Merokok bisa mengganggu sistem reproduksi serta kesuburan Anda. Pada pria, merokok bisa menyebabkan impotensi, mengurangi produksi sperma, serta kanker testis. Sementara pada wanita, merokok bisa mengurangi kesuburan. Tidak hanya itu, risiko terkena kanker serviks pun lebih tinggi sebab rokok mengurangi performa alamiah tubuh dalam melawan infeksi human papillomavirus alias HPV.

Selain penyakit pada fisik, perokok juga mengalami tingkat stres yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tak merokok. Selagi ini mungkin Kamu mengira merokok bisa membikin lebih rileks. Kamu berpendapat kandungan nikotin bisa menenangkan pikiran Anda, tapi nyatanya itu salah. Yang membikin perokok gelisah serta cemas adalah gejala putus obat kepada nikotin. Dengan merokok, kecanduan kepada nikotin bakal terpenuhi serta perokok merasa semacam rokok tersebut menurunkan stres.

Memang tak semua perokok bakal meninggal sebab penyakit jantung, kanker paru-paru, alias stroke, tetapi kebiasaan merokok bisa sangat mengganggu serta mengurangi nilai nasib Kamu sehari-hari. Efek rokok yang bisa Kamu rasakan sehari-hari adalah batuk-batuk, sesak napas, lebih mudah lelah, lebih rentan kepada infeksi, alias mengalami gangguan tidur yang ditandai dengan susah bernapas pada malam hari kemudian merasa kelelahan di pagi hari.

Mungkin Kamu telah terbiasa mendengar bahaya merokok kepada tubuh, tetapi Kamu tetap tak menghentikan kebiasaan mengisap rokok sebab merasa sekarang kesehatan Kamu tetap baik-baik saja.

Perlu diingat, merokok sama saja semacam menabung racun pada tubuh yang sedikit demi sedikit bisa menumpuk apabila dilakukan terus-menerus. Dengan begitu, risiko menderita penyakit pun bakal lebih tinggi pada masa tua. Tak hanya Anda, orang-orang terdekat pun bakal merasakan efeknya sebab menghirup asap rokok yang beracun.

Kiat Berhenti Merokok

Niatlah sungguh-sungguh bahwa Kamu berhenti merokok
Umumkan pada orang-orang di kurang lebih bahwa Kamu bakal berhenti merokok serta mintalahdukungan mereka.
Jauhilah lingkungan para perokok.
Carilah aktivitas yang bermanfaat bagi tubuh
Bawalah rutin permen kemanpun Kamu pergi.
Rokok adalah penyebab kesakitan serta kematian yang bisa dicegah. Sebelum terlambat, berhentilah merokok demi diri Kamu serta orang-orang di kurang lebih Anda.

Nara Sumber:  dr. Budhi Angkasa SpP PhD, Dokter Spesialis Paru dari Rumah Sakit Royal Taruma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar