Selasa, 12 Mei 2015

Penanganan Penyakit Jantung

Salah satu penanganan penyakit jantung adalah menggunakan angiogram koroner, apa itu angiogram koroner? angiogram koroner adalah bagian dari prosedur kateterisasi jantung untuk membantu dokter dalam mendiagnosa dan mengobati kondisi pada jantung dan pembuluh darah apabila terjadi penyempitan atau penyumbatan.


Selama angiogram koroner, sejenis pewarna khusus yang nantinya terlihat oleh mesin X-ray disuntikkan ke dalam pembuluh darah jantung Anda. Kemudian mesin X-ray akan mengambil serangkaian gambar (angiogram) yang memperlihatkan secara rinci bagian dalam pembuluh darah Anda.

Apa Itu Serangan Jantung Dan Cara Penangannanya


Otot jantung Anda membutuhkan oksigen untuk dapat bekerja. Serangan jantung terjadi ketika aliran darah yang membawa oksigen ke otot jantung terganggu atau terputus sama sekali.
Tahukah Anda bahwa seorang perokok aktif memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami serangan jantung dibandingkan orang yang tidak pernah merokok.

Penanganan serangan penyakit jantung

Serangan jantung adalah suatu kondisi yang mana memerlukan penanganan yang super cepat dan termasuk salah satu keadaan gawat darurat dalam dunia medis. Semakin cepat penanganan yang diberikan maka semakin besar kemungkinan penderita diselamatkan.

Sebelum menentukan tindakan pertolongan, yang paling utama dan penting adalah kenali dahulu gejalanya dan pastikan juga apakah keluhan yang dialami adalah benar merupakan gejala serangan jantung. Karena gejala serangan jantung bisa bervariasi, dari derajat yang ringan sampai derajat berat. Secara umum, berikut adalah gejala serangan jantung yang akan terjadi:

Meraskan nyeri pada dada yang bertahan selama beberapa menit atau hilang dan timbul lagi secara berulang, keluhan nyeri biasannya seperti ditekan dan diremas atau ditusuk. Bagian rasa nyeri biasanya ada kiri atau di tengah dada. Nyeri pada dada ini sifatnya spesifik, yang berarti nyeri dengan karakteristik ini hampir selalu timbul pada saat terjadi serangan jantung. Tapi apabila hanya ada satu saja gejala yang dapat Anda temukan selalu pastikan keluhan nyeri tersebut ada.
   
Rasa nyeri bisa menjalar dan menjadi rasa tidak nyaman seperti kesemutan di bahu, lengan atas, punggung, leher atau bahkan rahang bagian bawah.
   
Napas menjadi pendek dan Sulit bernapas.
Muncul keringat dingin.  
Mual dan lemah secara tiba-tiba.
Pusing
Denyut jantung menjadi tidak beraturan.


Apabila gejala-gejala tersebut di temukan pada penderita, maka cepat lakukan hal-hal berikut:

Segera dudukkan penderita atau letakkan pada posisi yang nyaman untuk penderita. Pastikan penderita bisa bersandar sehinggananti penderita  tidak perlu menyangga beban tubuhnya. tetapi jangan pada posisi berbaring karena nanti apabila penderita kehilangan kesadaran, jalan napasnya dapat terganggu, sehingga malah membahayakan penderita.

Segera panggil bantuan hubungi rumah sakit untuk memanggil ambulan.
Tenangkan pasien, beri kata-kata menyejukkan sambil melonggarkan baju penderita sehingga dapat membantu dirinya bernapas lebih lega.

Tanyakan riwayat kesehatannya. Adakah obat jantung yang diresepkan dokter dan biasanya ia minum. Apabila penderita membawa obat gawat daruratnya, bantulah dirinya untuk mengkonsumsi obat tersebut. Pada umumnya obat yang diresepkan dapat berupa aspirin kunyah atau nitrogliserin di bawah lidah. Jangan sekali-sekali memberikan obat pada penderita jantung tanpa mengetahui riwayat penyakitnya atau tanpa resep dari dokter karena hal ini justru dapat memperburuk kondisi jantungnya.

Senantiasa cek kesadaran penderita. Sambil menunggu bantuan datang, pastikan penderita masih dalam keadaan sadar dengan mengajak berbicara. Apabila pasien tiba-tiba jatuh dalam keadaan tidak sadar maka Anda sebaiknya siap melakukan resusitasi jantung paru. Akan tetapi, sebelum melakukan resusitasi seharusnya Anda sudah pernah mengikuti pelatihan pertolongan pertama pada keadaan darurat. Mengingat hal ini, Anda dapat juga menelpon nomor darurat 118 sekali lagi untuk kemudian mendapatkan pengarahan mengenai langkah-langkah resusitasi yang dapat dilakukan.

Demikian cara cara penanganan penyakit jantung yang mendapaytkan serangan secara mendadak, lakukan dengan tenang dan jangan panik. dipersembahkan oleh acemaxsku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar